Web Statistics

Biodata Eric Cantona

Biodata Eric Cantona - Jangan mengaku manchunian sejati jika tak mengenal legenda Manchester United yang satu ini. Dia adalah  Eric Daniel Pierre Cantona, atau biasa akrab disapa Eric Cantona. Eric Cantona lahir di Marseille, Perancis pada tanggal 24 Mei 1966. Nama ayahnya adalah Albert Cantona dan ibunya adalah Eleanore Raurich. Eric Cantona juga mempunyai dua saudara, yaitu Jean Marie dan Joel.

Beckham dan Eric Cantona
Pemain yang berjuluk “The King Cantona” ini mengawali karir sepakbola nya di klub SO Caillolais, yang juga melahirkan pemain-pemain bintang seperti Jean Tigana dan Chritophe Galtier. Ia mengikuti jejak ayahnya yang berposisi sebagai kiper, namun bakatnya membuat ia bermain lebih kedepan yaitu sebagai playmaker.

Sebelum bermain di Manchester United, dia sempat memperkuat klub Auxerre, Martigues, Marseille, Bordeaux, Montpellier, NĂ®mes dan Leeds United. Bersama Manchester United Eric Cantona menjelma menjadi striker haus gol dan mempersembahkan 4 trofi Premier League, 2 Piala liga dan 2 Piala FA.
Eric Cantona termasuk pemain yang tempramental. Dia sempat terlibat perkelahian dengan rekan satu tim. Seperti, ketika ia melempar sepatu ke wajah Jean-Claude Lemoult saat bermain di klub Montpellier. Dan yang paling fenomenal dan di kenang adalah ketika ia melayangkan tendangan "kung fu" kepada  Matthew Simmons, seorang pendukung Crystal Palace yang mengakibatkannya  diskors delapan bulan dan didenda 20 ribu poundsterling.

Tendangan "Kung Fu" Eric Cantona
Eric Cantona adalah salah satu pemain bintang Perancis yang belum pernah memperkuat timnas Perancis di Piala Dunia. Hal itu dikarenakan perselisihannya dengan pelatih Henri Michel, dan ia pun dicoret untuk memperkuat Perancis di Piala Dunia Italia 1990 dan Amerika Serikat 1994. Kesempatan terakhir untuk berlaga di Piala Dunia 1998 pun harus terkubur akibat menjalani skors dari aksi tendangan "kung funya" saat memperkuat Manchester United.


Eric Cantona menikahi Isabelle Ferrer dan memiliki dua anak, Raphael (lahir 1988) dan Josephine (lahir 1995). Setelah bercerai, ia menikahi Rachida Brakni seorang sutradara yang berandil dalam karirnya sebagai aktor. 

Setelah pensiun dari timnas Perancis dan Manchester United, ia bermain sebagai kapten timnas Perancis di ajang Sepakbola Pantai Kronenbourg, Perancis dan ikut mempopulerkan gelaran tersebut. Cantona juga sempat menjadi pelatih dari Timnas Sepakbola Pantai Perancis pada tahun 2005 sampai 2008. Sekarang ia menjabat sebagai Direktur Teknik di klub New York Cosmos semenjak 2011 dan juga bermain sebagai aktor di di film Elizabeth 1998, Looking for Eric 2009, Face au paradis 2010 dan Switch 2012. Dia menggeparkan dunia ketika mencalonkan diri menjadi Presiden Perancis pada Januari tahun 2012.



0 comments:

Post a Comment